Main Area

Main

Warga Dunia Lebih Percaya Putin ketimbang Trump

Warga Dunia Lebih Percaya Putin ketimbang Trump

Beberapa bulan menjabat sebagai presiden, Donald Trump langsung mengubah kepercayaan dunia pada Amerika Serikat. Kini, warga dunia bahkan lebih mempercayai Presiden Rusia, Vladimir Putin, ketimbang Trump.

Hal ini terlihat dalam hasil jajak pendapat terbaru Pusat Riset Pew yang menunjukkan hanya 22 persen warga dunia percaya Trump dapat melakukan langkah tepat terkait hubungan internasional, sementara Putin unggul dengan angka 27 persen.

Angka ini terpaut jauh dari mantan Presiden AS, Barack Obama, yang pada periode terakhir kepemimpinannya dipercayai 64 persen warga untuk terus mempertahankan peran Amerika di dunia.

Dalam hasil survei yang dilansir pada Senin (26/6) tersebut, Pew menjabarkan bahwa alasan utama warga dunia tidak percaya pada Trump adalah kepribadiannya. Menurut mayoritas responden dari 35 negara, perkataan Trump tidak bisa dimaafkan.

Sebagaimana tercantum dalam situs resmi Pew, ketidakpercayaan itu kian memuncak setelah melihat arah kebijakan Trump selama lima bulan pertama menjabat, salah satunya dalam sektor perdagangan.

Sekitar tujuh dari sepuluh orang tidak mendukung keputusan Trump untuk menarik AS dari sejumlah perjanjian dagang internasional. Mereka tambah kecewa ketika Trump mengumumkan akan mengeluarkan AS dari perjanjian iklim.

Warga dunia juga geram dengan keputusan Trump untuk melarang masuk warga dari tujuh negara mayoritas Muslim.

Tak hanya para rival kawasan, ketidakpercayaan ini pun akhirnya datang dari para warga negara-negara sekutu terdekat AS di Eropa dan Asia, termasuk Meksiko dan Kanada.

Merujuk pada hasil survei tersebut, hanya dua negara yang mendukung Trump, yaitu Rusia dan Israel.

Berita Terkait

Related Posts

Paspornya Dicabut, Zakir Naik Terjebak?

Paspornya Dicabut, Zakir Naik Terjebak?

Otoritas India mencabut paspor dai internasional Zakir Naik. Paspor Naik dicabut karena ia tak hadir memenuhi panggilan Badan Investigasi ...

2017 NGETREND. All rights reserved.